selamat membaca semoga bermanfaat

Definisi Metode Ilmiah

Pengertian Metode Ilmiah
Pengetahuan secara garis besarnya bisa  dibedakan menjadi  dua yaitu pengetahuan non-ilmiah dan juga  pengetahuan pra-ilmiah.
Pengetahuan non-ilmiah ialah merupakan  hasil serapan indra terhadap  beberapa pengalaman hidup dalam  sehari-hari yang tidak perlu dan tidak mungkin untuk  diuji kebenarannya. Sementara  pengetahuan pra-ilmiah  itu adalah hasil serapan indra dan pemikiran  yang rasional  terbuka terhadap pengujian  yang lebih lanjut memakai  metode-metode ilmiah.
Alquran sendiri  sudah  memberikan gambaran mengenai hal diatas tersebut  seperti apa yang  dilakukan oleh Qabil anak Nabi  ketika kebingungan apa yang mesti  ia lakukan pada mayat yang dia bunuh yaitu  saudaranya yang bernama Habil, pada saat itu dia  melihat  seekor burung gagak membawa saudara  yang mati kemudian  mengubur saudaranya  itu maka Qabil pun belajar dari burung tersebut dan melakukan seperti yang dilakukan oelh burung tersebut  kisah ini terjadi sebagaimana  Allah mengabadikannya dalam Alquran surat  Al-Maidah ayat 27-31,  ini berbeda dengan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim  Alaihissalam pada saat mencari  Tuhan yang sebenarnya yang dikisahkan oleh Allah dala Quran surat  Al-An’âm :75-78), begitu juga  apa yang dilakukan nabi Musa as pada waktu ingin  belajar kepada nabi Khidr     sebagaimana termaktub didalam al-Quran surat  Al-Kahfi:66-82,  maka dari kisah-kisah yang terjadi diatas itu  menggunakan akal pikirannya yang  sangat mendalam sehingga dalam untuk hal itu  perlu pada pemecahan masalah sehingga kita biasa  menyebutnya sekarang dengan metode ilmiah.
            Adapun pengertian Metoda Secara etimologis, metode berasal dari dua kata, yakni  meta dan hodos, meta berarti melalui dan hodos berarti jalan atau cara, metode berarti suatu jalan atau cara yang dilampau  untuk mencapai suatu tujuan. Sementara  ilmiah mempunyai pengertian bersifat keilmuan serta secara ilmu pengetahuan dan juga  memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan.
            Metode ilmiah atau suka disebut proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk mencapai  pengetahuan secara sistematis berdasarkan pada  bukti fisis. Ilmuwan melaksanakan  pengamatan dan  membentuk hipotesis dalam usahanya untuk mennjelaskan berbagai  fenomena alam. Prediksi yang dibikin berlandaskan  hipotesis tersebut  dapat diuji dengan melaksanakan  eksperimen. Jika  memang suatu hipotesis lolos uji  dengan berkali-kali, maka hipotesis tersebut bisa  menjadi suatu teori ilmiah.
                Jadi Metode ilmiah ialah  suatu cara kerja seorang ilmuan (saintistis) dalam memecahkan  suatu masalah, kemudian  memahami atau menemukan teori yang dianggap betul . Metode ilmiah ini adalah  merupakan prosedur dalam hal  mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu, Jadi ilmu itu ialah  merupakan pengetahuan yang dihasilkan  lewat metode ilmiah itu sendiri .Tidak seluruh  pengetahuan dikatakan  ilmu sebab ilmu merupakan pengetahuan yang cara mendapatkannya itu  harus memenuhi syarat-syarat t yang sudah ditentukan .  adapun Syarat-syarat yang mesti terpenuhi  agar suatu pengetahuan  bisa dikatakan  ilmu tercantum dalam apa yang disebut dengan  metode ilmiah.
    Untuk itulah metode Ilmiah ini merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mencapai dan mendapatkan ilmu pengetahuan itu sendiri supaya segala sesuatu yang diharapakan bisa tercapai, dan apa yang kita lakukan bisa dikatakan sebagai suatu yang ilmiah harus menempu langkah –langkah yang telah menjadi kesepakatan bersama  sehingga produk yang dihasilkan bisa diakui dan bisa dipertanggungjawabkan  secara keilmuan.sehingga nanti apa yang kita hasilkan ada yang menentangnya maka manentangnya pula harus berdasarkan metode ilmiah juga, sebab suatu penelitian itu tidak dianggap salah  kecuali itu bisa dibatalkan dengan penelitian kembali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Metode Ilmiah"

Posting Komentar

Lazada Malaysia