khazanah

selamat membaca
Minggu, 05 Mei 2013

Langkah-langkah Metode Ilmiah

Langkah-langklah ilmiah


Langkah-langkah Metode Ilmiah
Seperti  kita ketahui berpikir ialah suatu kegiatan mental yang  akan menghasilkan ilmu pengetahuan. Secara sederhana proses berpikir bagi  seorang ilmuan dimulai dengan ragu-ragu serta  diakhiri dengan percaya ataupun  tidak percaya
Menurut Bapak Jujun Suriasumantri  cara alur berpikir yang terdiri dalam metode ilmiah bisa  dijabarkan dalam beberapa langkah yang memperlihatkan tahapan-tahapan dalam hal kegiatan ilmiah,karena  kerangka berpikir ilmiah itu pada dasarnya berintikan proses logico-hypothetico verifikasi  (berfikir hipotesa dan verifikasi) ini terdiri dari  langkah-langkah sebagai berikut :

1. Perumusan masalah yang merupakan bagian dari  pertanyaan mengenai obyek empiris yang sangat jelas batas-batasnya dan juga bisa  diidentifikasikan  dengan faktor-faktor yang terkait  yang ada didalamnya.
2. Penyusunan kerangka berpikir didalam pengajuan hipotesis yang  memang merupakan argumentasi(alasan) yang menerangkan  hubungan yang mungkin  ada diantara berbagai faktor yang saling berkaitan dan membentuk konstelasi permasalahan. Kerangka berpikir ini disusun secara rasional(masuk akal)  berlandaskan premis-premis ilmiah yang sudah  teruji kebenarannya /keshahihannya dengan meninjau faktor-faktor empiris yang  sangat sesuai  dengan permasalahan yang ada.
3. Pengajuan hipotesis yang merupakan jawaban sementara atau dugaan terhadap pertanyaan yang diajukan yang materinya merupakan kesimpulan dari kerangka berpikir yang dikembangkan.
4.Pengujian hipotesis yang merupakan bagian dari pengumpulan fakta-fakta yang sesuai dengan hipotesis yang disajikan  untuk memeperlihatkan apakah ada fakta-fakta yang mendukung hipotesis tersebut atau tidak ada sama sekali.
5.Penarikan kesimpulan  adalah  merupakan penilaian  apakah sebuah hipotesis yang diberikan itu ditolak atau diterima, Sekiranya pada  proses pengujian terdapat fakta yang memang  cukup mendukung hipotesis maka hipotesis itu bisa diterima semua. Sebaliknya sekiranya pada proses pengujian tidak terdapat fakta yang cukup mendukung hipotesis maka hipotesis itupun  ditolak. Hipotesis yang dapat di diterima lalu kemudian diakui bagian dari pengetahuan ilmiah itu sebab sudah mencakup persyaratan keilmuan yakni memiliki kerangka penerangan  yang  konsisten dengan pengetahuan ilmiah sebelumnya dan telah diuji kebenarannya. Pengertian kebenaran di sisni harus memang  ditafsirkan secara pragmatis artinya bahwa sampai sekarang  ini belum terdapat fakta yang menyebutkan sebaliknya
             Menurut pendapat bapak  Nugroho menyatakan  bahwa langkah-langkah metode ilmiah ini sebagai berikut dibawah ini:
1. Memilih dan juga  mendefinisikan masalah yang akan diteliti.
2. Melakukan Survei terhadap data yang tersedia.
3. Memformulasikan hipotesa yang ada .
4. Membangun kerangka analisa dan  alat-alat dalam menguji hipotesa.
5. Mengumpulkan data yang primair.
6. Mengolah serta menganalisa  dan membuat interpretasi /penafsiran.
7. Membuat generalisasi serta kesimpulan.
8. Membuat suatu Laporan mengenai hasilpenelitian.
            Setelah menjalani langkah-langkah dari metode ilmiah diatas tadi kemudian menghasilkan kesimpulan yang didapatkan maka hasil penelitian itu bisa diakui dan dijalankan sebagai bagian dari ilmu pengetahuan,akan tetapi jika seandainya hasil dari suatu penelitian yang didapat bertolak belakang atau tidak bisa diterima maka bukan berarti hasinya itu dikatakan salah atau tidak benar akan tetapi harus dipatahkan lagi dengan penelitian-penelitian yang selanjutnya, agar supaya hasil yang dikatakan tidak sesuai tadi bisa dimentahkan dengan hasil penelitian lagi.
            Diantara contoh yang sederhana dulu banyak sekali bahkan hampir semua orang beranggapan bahwa ketika bayi tidak di”bedong”  (memakai pernel/kain buat selimut bayi itu) tidak baik bagi sibayi,akan tetapi menurut hasil penelitian pada saat ini apalagi didukung dengan penemuan-penemuan ilmiah bahwa ‘bedong” pada bayi itu tidak baik buat sibayi karena  mengganggu bagian pernapasan sibayai tersebut.

Title: Langkah-langkah Metode Ilmiah; Written by Huzaeni Ridwan; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sample Footer