khazanah

selamat membaca
Rabu, 24 April 2013

Manfaat Metode Ilmiah



Manfaat Metode Ilmiah
 Metode ilmiah sangat amat  penting bukan saja dalam proses penemuan pengetahuan namun lebih-lebih lagi dalam mengkomunikasikan penemuan ilmiah tersebut kepada masyarakat kalangan  ilmuan. Sebuah laporan dikatakan penelitian ilmiah mempunyai sistematika cara berpikir tertentu yang tercermin dalam format dan tekniknya perbedaan utama dari metode ilmiah dibandingkan dengan metode-metode lainnya menurut Jacob Bronowski adalah hakikat metode ilmiah bersifat sistematik serta eksplisit

            Sifat eksplisit ini memungkinkan terjadinya komunikasi yang intensif dalam kalangan masyarakat dikalangan  ilmuan. Ilmu pada awalnya ditemukan  secara individual namun bisa  dimanfaatkan secara sosial. Ilmu merupakan pengetahuan milik umum (public knowledge) di mana teori ilmiah yang ditemukan  secara individual,  bisa dikaji, dan diulangi,serta  dimanfaatkan dengan baik  secara komunal. Karakteristik ini  mewajibkan seorang ilmuan untuk bisa  menguasai sarana komunikasi ilmiah dengan sangat  baik sehingga  memungkinkan berkomunikasi baik secara eksplisit antar ilmuan maupun  secara intensif. Penemuan mesin cetak misalnya  merupakan momentum yang sangat tepat guna  mendorong perkembangan ilmu pengetahuan , Ilmu maju dengan cepat pada kalangan masyarakat yang telah memiliki tradisi berkomunikasi secara tertulis yang mantap, semangat ilmiah seperti halnya sebuah kehidupan yang mengalir  menurut mayer, dimana seorang ilmuan berutang budi kepada ilmuan-ilmuan lainnya.
            Metode ilmiah pada dasarnya adalah sama bagi seluruh disiplin keilmuan baik yang termasuk kedalam ilmu-ilmu alam maupunun  ilmu-ilmu sosial. Meskipun nanti terdapat beberapa  perbedaan  yang terjadi dalam kedua kelompok keilmuan ini maka perbedaan tersebut hanya  sekedar terletak pada aspek-aspek tekniknya saja  bukan pada struktur berpikirnya atau  sisi aspek metodelogisnya. Teknik pengumpulan data mengenai gejala gunung merapi misalnya  tentu akan  berbeda dengan teknik pengumpulan data mengenai bagaimana  sikap remaja terhadap keluarga berencana.
            Metode ilmiah ini tidak bisa  diterapkan kepada pengetahuan yang  memang tidak termasuk kedalam kelompok ilmu. Matematika juga  bahasa tidak menggunakan metode ilmiah didalam menyusun pengetahuaannya karena  matematika bukanlah ilmu melainkan pengetahuan yang merupakan sarana untuk berpikir ilmiah. Demikian juga halnya dengan dalam  bidang kajian  sastra yang termasuk kepada humaniora yang jelas tidak menggunakan metode ilmiah dalam menyusun tubuh pengetahuannya.
            Akan tetapi Meskipun demikian beberapa aspek  bagian dari pengetahuan tersebut bisa  menerapkan metode ilmiah dalam pengkajiannya umpanya aspek pengajaran bahasa,  dan sastra, juga  matematika. Dalam hal ini maka masalah tersebut bisa  dimasukan kedalam disiplin ilmu pendidikan yang akan mnela’ah secara ilmiah berbagai aspek dari proses balajar mengajar. Beberapa disiplin ilmu sosial bisa mengembangkan teknik-teknik tersendiri dalam melaksanakan  penelitian ilmiah umpanya antropologi serta sosiologi. Teknik-teknik yang bersipat khusus ini biasanya dekembangkan guna  meneliti aspek tertentu yang bersipat ekploratoris yang memiliki tujuan menemukan pola atau sruktur secara keseluruhannya. Penelitian yang lebih bersifat kualitatif ini umumnya  diiringi oleh penelitian yang bersifat kuntitatif dengan penerapan metode ilmiah  yang sepenuhnya.
            Penelitian merupakan bagian dari pencerminan secara kongkret kegiatan ilmu dalam memperoses ilmu  pengetahuannya. Metodelogi penelitian ilmiah beserta hakikatnya adalah  merupakan operasionalisasi dari metode ilmiah. Atau dengan perkataan lain, struktur kerangka  berpikir yang melatar belakangi langkah-langkah dalam penelitian ilmiah adalah metode keilmuan. Untuk itulah maka penguasaan terhadap  metode ilmiah merupakan persyaratan untuk dapat mengetahui dan memahami jalan pikiran yang terdapat dalam langkah-langkah penelitian tersebut.
Adapun langkah-langkah yang dilalui pada metode Ilmiah seperti dibawah ini
Langkah-langkah
1. Memilih serta mendefinisikan masalah.
2. Survei pada data yang tersedia.
3. Memformulasikan hipotesa.
4. Membangun kerangka analisa dan juga  alat-alat  didalam menguji hipotesa.
5. Mengumpulkan data yang  primair.
6. Mengolah,  dan menganalisa serla membuat interpretasi.
7. Membual generalisasi dan juga  kesimpulan.
8. Membikin  Laporan


Title: Manfaat Metode Ilmiah; Written by Huzaeni Ridwan; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sample Footer