selamat membaca semoga bermanfaat

Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013



Berbicara mengenai Kurikulum yang seanantiasa menagalami perubahan, terkadang para pendidik berkomentar kenapa kurikulim berubah-rubah padahal yang dulu juga belum maksimal, yang lainnya berkata “namanya juga kurikulum pasti berubah-rubah sesuai dengan kebutuhan
Memperhatikan begitu  penting sekali masalah pendidikan bagi  para siswa, maka pemerintah terus berusaha sekuat tenaga untuk  menguji bahkan akan  menganti kurikulum. Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menyatakan sesungguhnya kurikulum  yang baru  tengah menjalani tahapan  uji publik ini  memiliki tujuan utama membangun sisi  kemampuan berpikir anak-anak secara ilmiah. Beliau  yakin bahwasannya  ini akan  sanagat berdampak baik mengingat  begitu banyaknya laboratorium alami yang bisa dieksplorasi oleh  para anak/siswa. Meskipun mereka  banyak meraih prestasi gemilang di  arena kancah dunia pada  berbagai olimpiade sains serta  matematika, rata-rata kesanggupan dan  kemampuan berpikir  peserta didik/anak Indonesia secara ilmiah  masih tetap dianggap masih  relatif rendah. Hal ini samapai-samapi semapat  diperlihatkan melalui hasil penelitian “Trends in International Mathematics and Science Study 2007 (TIMSS).”
Dari berbagai media yang pernah  saya baca,ada beberapa kesimpulan yang bisa saya ambil berkaitan dengan  sisi  kelebihan  serta kekurangan yang ada pada  kurikulum 2013, diantaranya adalah :

1.       Kekurangan.
Kekurangan-kekurangan yang ada pada kurikulum 2013 ialah sebagai berikut :
Ø   Kurikulum 2013 bertolak belakangn dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 menegenai  Sistem Pendidikan Nasional dikarenakan  penekanan pengembangan kurikulum  itu hanya berpatokan  pada orientasi pragmatis. Selain itu juga , kurikulum 2013 tidak dilandaskan  pada evaluasi dari pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 sehingga  pada tataran pelaksanaannya dapat  membingungkan guru  itu sendiri beserta yang terlibat di dunia pendidikan.

Ø  Guru juga tidak pernah diajak/dilibatkan secara  langsung dalam proses pengembangan pada kurikulum 2013 . Pemerintah melihat seakan-akan  guru dan siswa itu memilki kapasitas yang sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Ø  Tidak adanya keserasian  antara orientasi proses pembelajaran serta  hasil dalam kurikulum 2013. Keseimbangan itu  sulit untuk capai dikarenakan  kebijakan ujian nasional (UN) masih  tetap diberlakukan. UN hanya bisa  mendorong orientasi pendidikan  tergantung pada hasil semata dan tanpa  sama sekali  memperhatikan proses pembelajaran yang berlangsung. Hal ini sanagat  berdampak pada tidak dianggap penting untuk  mata pelajaran yang tidak diujikan pada  UN. Padahal kita tahu, mata pelajaran yang tidak di-UN-kan  juga memberikan kontribusi  yang sanagat besar untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang ingin dicapai..

Ø  Pemerintah mengintegrasikan muatan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada  mata pelajaran Bahasa Indonesia  bagi jenjang pendidikan tingkat dasar.

2.      Kelebihan kurikulum 2013.
 Sesudah kita melihat kekurangan-kekurang kurikulum 2013 tentunya ada kelebihannya walaupun Sulit juga mengambil kesimpulan mengenai  kelebihannya yang ada pada kurikulum 2013,mungkin bagian  yang menjadi kelebihan dari kurikulum 2013 ialah seluruh  anak / siswa dituntut untuk menjadi  kreatif serta  inovatif,selain itu ada juga yang namanya pengembangan karakter siswa  yang sudah  diintegrasikan kedalam semua program studi yang ada.

-Namun kalau kita lihat apa yang terkandung dan yang menjadi tujuan dari kurikulum 2013 itu di dunia pendidikan yang berbasis pesantren, Misalanya Pesantren Persatuan Islam, hal itu sudah menjadi biasa, bahwa anak dituntut menjadi lebih kreatif serta penekanan aspek afektif sangat ditekankan sehingga anak itu tidak haya cakap dari sisi kognitif namun masalah akhlaknya juga harus menjadi penilaian yang tidak bisa diganggu dan ditawar-tawar lagi, semoga bermanfaat. dapatkan panduan disini


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013"

Lazada Malaysia