selamat membaca semoga bermanfaat

Belajar Dari Surat Quraisy


belajar dari surat Quraisy
Belajar dari surat  Quraisy
Al-Quran merupakan kitab suci terakhir yang di turunkan kepada Nabi yang terakhir Muhammad Saw, selain itu diantara keistimewaan al-Quran dibandingkan dengan kitab suci yang pernah diturunkan diantaranya, tidak bisa dipalsukan atau ditiru seperti halnya kitab-kitab terdahulu telah banyak dirubah isinya, sementara al-Quran dijamin tetap orsisnil karena sesuai janji-Nya ‘’Sesungguhnya Kami-lah yang telah menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kamilah yang benar-benar memeliharanya” (al-Hijr (15) :9) Ayat ini memberikan jaminan mengenai sisi kesucian serta  kemurnian Al Quran untuk selama-lamanya.
                Allah subhanahu Wata’ala mensipati al-Quran dengan sifat mulya yang bemacam-macam diantaranya: Nûr (cahaya) Hudan (petunjuk), syifâ (obat), mauidzah (pelajaran), ‘Azîz (mulya), Mubârak (Berkah), Basyîr (kabar gembira), Nadzîr (peringatan), dan lain sebagainya  (al-Tibyân Fî ‘ulûmi al-Quran  hal:11)
                 Isi al-Quran  bisa  dipahami dari berbagai aspek, diantaranya dari penafsirannya, aspek bahasanya juga dari aspek pemahamanan untuk penerapan dalam kehidupan sehari-hari, sebab isi dari ayat-ayatnya meskipun turun berkaitan dengan satu sebab akan tetapi pelajarannya sungguh banyak sekali yang bisa kita ambil.
Diantara surat al-Quran yang pendek namun memberikan nilai pelajaran yang sungguh sangat panjang bila harus diuraikan dengan kata-kata serta tulisan, surat tersebut daintaranya adalah surat Quraisy, surat ke 106 dengan jumlah ayatnya 6, meskipun surat tersebut pendek namun kalu diterapkan untuk berbagai bidang kehidupan maka akan sangat cocok sekali.
Firman Allah tersebut :”1. karena kebiasaan orang-orang Quraisy,
2. (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada saat musim dingin serta musim panas
3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah).
4. yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan rasa lapar dan mengamankan mereka dari rasa  ketakutan
.” Karena kebiasaan Orang Quraisy biasa Mengadakan perjalanan terutama untuk berdagang ke negeri Syam pada musim panas serta ke negeri Yaman pada saat  musim dingin. dalam perjalanan itu mereka mendapatkan  jaminan keamanan dari penguasa-penguasa dari negeri-negeri yang akan dilaluinya. ini adalah suatu nikmat yang Amat besar dari Tuhan mereka. oleh karena itulah sewajarnyalah mereka menyembah Allah yang telah memberikan berbagai  nikmat itu kepada mereka.
Surat tersebut apabila diterapakan dalam suatu perusahaan maka sangatlah ideal karena suatu perusahaan bisa dikatakan sukses dan berhasil apabila memilki syarat-syarat sebagaimana yang tercantu dal surat tersebut yaitu:
1.Perusahaan tersebut harus memiliki jaringan yang sangat luas sehingga apa yang menjadi produk dari prusahan itu bisa dinikmati oleh semua kalangan sehingga mampu mendatangkan keuntungan yang banyak untuk perusahaan, itu bisa kita ambil dari pelajaran bahwa pada surat tersebut orang-orang Quraisy biasa melakukan perjalanan atau bepergian itu semua tidak akan bisa terwujud tanpa adanya relasi yang banyak
2. perusahaan yang baik adalah suatu perusahaan yang mampu memberikan kesejahteraan kepada seluruh karyawannya sehingga kehidupannya menjadi sejahtera dan keamanan serta kenyamanan dalam kehidupannya menjadi dambaan bisa tercapai.
3.Yang paling penting perusahaan tersebut harus dibangun berlandaskan nilai-nilai keagamaan sehingga apapun yang dihasilkan oleh perusahaan itu maupun orang yang bekerja disana menjadi orang yang diberkahi,
Selain itu masih banyak pelajaran dari surat ini yang bisa kita praktekan dalam kehidupan baik dari skala yang paling kecil maupun yang besar, yang insyaAllah akan di tulis pada artikel selanjutnya semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila banyak terjadi kesalahan dalam penulisan artikel ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Dari Surat Quraisy"

Posting Komentar

Lazada Malaysia