Komponen-komponen mengenai Pendidikan
Komponen-komponen pendidikan yang menjadi garapan sekolah /madrasah ialah:
1) Peserta didik
2) Tenaga Pendidik
3) Tenaga Kependidikan
4) Metode Pengajaran
5) Kurikulum Pendidikan
6) Fasilitas Pendidikan
7) Anggaran Pendidikan
8) Evaluasi Pendidikan
Hubungan yang ada antara fungsi-fungsi manajemen pendidikan dengan komponen pendidikan adalah:
1. Perencanaan pendidikan adalah ditujukan untuk mempersiapkan seluruh komponen pendidikan supaya dapat terlaksananya proses belajar mengajar itu dengan tepat, di dalam pendidikan perencanaan pendidikan dilaksanaka dalam mencapai sasaran pendidikan sebagaimana yang diharapkan dan yang tercapai berdasarkan perencanaan yang matang maka hasilnyapun akan maksimal.
2. Pengorganisasian pendidikan dimaksudkan untuk mengumpulkan seluruh potensi komponen pendidikan dalam suatu organisasi yang sinergis supaya dapat menyelenggarakan pendidikan dengan sebagus-bagusnya.
3. Penggerakan pendidikan ialah pelaksanaan dari penyelenggaraan pendidikan yang sudah direncanakan sebeumnya dan dilakukan oleh organisasi penyelenggara pendidikan itu dengan melihat aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam perencanaan dalam rangka meggapai hasil pendidikan yang seoftimal mungkin.
4.Pengawasan pendidikan ditujukan guna menjaga agar penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan cocok dengan yang apa direncanakan dan semua komponen pendidikan itu digerakan dengan cara sinergis dalam proses yang menuju kepada pencapain tujuan pendidikan itu yang dituangkan dalam sasarana-sasaran dapat menghasilkan output secara optimal seperti halnya yang sudah diputuskan didalam perencanaan pendidikan.
Skema diatas menjelaskan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen didalam pengurusan komponen-komponen pendidikan.
a. Fungsi manajemen yang pertama ialah perencanaan, Fungsi ini dilakukan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan yakni: perencanaan dalam pengelolaan peserta didik, perencanaan dalam pengelolaan tenaga pendidik,maupun perencanaan dalam pengelolaan tenaga kependidikan,dan perencaan dalam pengelolaan metode pengajaran,serta perencanaan dalam pengelolaan kurikulum pendidikan,juga perencanaan dalam pengelolaan fasilitas pendidikan,dan juga perencanaan dalam pengelolaan anggaran pendidikan, yang akhir perencanaan dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
b. Fungsi manajemen yang kedua ialah pengaturan fungsi tersebut dilakukan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan adalah : pengorganisasian dalam pengelolaan peserta didik,serta pengorganisasian dalam pengelolaan tenaga pendidik, juga pengorganisasian dalam pengelolaan tenaga kependidikan,selain itu pengorganisasian dalam pengelolaan metode pengajaran, dan juga pengorganisasian dalam pengolahan kurikulum pendidikan,tidak ketinggalan pengorganisasian dalam pengelolaan anggaran pendidikan, dan juga pengorganisasian dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
c. Fungsi manajemen yang ketiga adalah penggerakan. Fungsi tersebut dilaksanakan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan yaitu: penggerakan dalam pengolahan peserta didik,kemudian penggerakan dalam pengelolaan tenaga pendidik,serta penggerakan dalam pengelolaan tenaga kependidikan,ditambah penggerakan dalam pengelolaan metode pengajaran,selanjuta penggerakan dalam pengelolaan kurikulum pendidikan,juga penggerakan dalam pengelolaan pasilitas pendidikan, serta penggerakan dalam pengelolaan anggaran pendidikan, dan juga penggerakan dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
d. Fungsi manajemen yang keempat adalah pengawasan. Fungsi tersebut dilakukan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan yakni: pengawasan dalam hal pengelolaan peserta didik,selnjutnya pengawasan dalam pengelolaan tenaga pendidik,kemudian pengawasan dalam pengelolaan tenaga kependidikan,ditambah pengawasan dalam pengelolaan metode pangajaran,serta pengawasan dalam pengelolaan kurikulum pendidikan, dan juga pengawasan dalam pengelolaan fasilitas pendidikan, yang terakhir pengawasan dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
Semua keterkaitan fungsional antara pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen didalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan akan menuju kepada tercapainya atau tidak tujuan yang sudah ditetapkan.
Pada saat proses pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen pendidikan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan berlangsung maka akan didapatkan faktor-faktor yang akan menunjang dan juga menghambat dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen itu sendidri, dalam kolponen-komponen pendidikan ini, bahkan dalam mencapai tujuan yang akan dicapai sesuai dengan harapan.
Itulah diantara komponen2 managemen pendidikan yang bisa diterapkan dalam lingkungan pendidikan agar supaya pendidikan itu bisa dihasilkan sesuai dengan yang ingin dicapai.
dapatkan produk berkwalitas
Komponen-komponen pendidikan yang menjadi garapan sekolah /madrasah ialah:
1) Peserta didik
2) Tenaga Pendidik
3) Tenaga Kependidikan
4) Metode Pengajaran
5) Kurikulum Pendidikan
6) Fasilitas Pendidikan
7) Anggaran Pendidikan
8) Evaluasi Pendidikan
Hubungan yang ada antara fungsi-fungsi manajemen pendidikan dengan komponen pendidikan adalah:
1. Perencanaan pendidikan adalah ditujukan untuk mempersiapkan seluruh komponen pendidikan supaya dapat terlaksananya proses belajar mengajar itu dengan tepat, di dalam pendidikan perencanaan pendidikan dilaksanaka dalam mencapai sasaran pendidikan sebagaimana yang diharapkan dan yang tercapai berdasarkan perencanaan yang matang maka hasilnyapun akan maksimal.
2. Pengorganisasian pendidikan dimaksudkan untuk mengumpulkan seluruh potensi komponen pendidikan dalam suatu organisasi yang sinergis supaya dapat menyelenggarakan pendidikan dengan sebagus-bagusnya.
3. Penggerakan pendidikan ialah pelaksanaan dari penyelenggaraan pendidikan yang sudah direncanakan sebeumnya dan dilakukan oleh organisasi penyelenggara pendidikan itu dengan melihat aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam perencanaan dalam rangka meggapai hasil pendidikan yang seoftimal mungkin.
4.Pengawasan pendidikan ditujukan guna menjaga agar penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan cocok dengan yang apa direncanakan dan semua komponen pendidikan itu digerakan dengan cara sinergis dalam proses yang menuju kepada pencapain tujuan pendidikan itu yang dituangkan dalam sasarana-sasaran dapat menghasilkan output secara optimal seperti halnya yang sudah diputuskan didalam perencanaan pendidikan.
Skema diatas menjelaskan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen didalam pengurusan komponen-komponen pendidikan.
a. Fungsi manajemen yang pertama ialah perencanaan, Fungsi ini dilakukan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan yakni: perencanaan dalam pengelolaan peserta didik, perencanaan dalam pengelolaan tenaga pendidik,maupun perencanaan dalam pengelolaan tenaga kependidikan,dan perencaan dalam pengelolaan metode pengajaran,serta perencanaan dalam pengelolaan kurikulum pendidikan,juga perencanaan dalam pengelolaan fasilitas pendidikan,dan juga perencanaan dalam pengelolaan anggaran pendidikan, yang akhir perencanaan dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
b. Fungsi manajemen yang kedua ialah pengaturan fungsi tersebut dilakukan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan adalah : pengorganisasian dalam pengelolaan peserta didik,serta pengorganisasian dalam pengelolaan tenaga pendidik, juga pengorganisasian dalam pengelolaan tenaga kependidikan,selain itu pengorganisasian dalam pengelolaan metode pengajaran, dan juga pengorganisasian dalam pengolahan kurikulum pendidikan,tidak ketinggalan pengorganisasian dalam pengelolaan anggaran pendidikan, dan juga pengorganisasian dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
c. Fungsi manajemen yang ketiga adalah penggerakan. Fungsi tersebut dilaksanakan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan yaitu: penggerakan dalam pengolahan peserta didik,kemudian penggerakan dalam pengelolaan tenaga pendidik,serta penggerakan dalam pengelolaan tenaga kependidikan,ditambah penggerakan dalam pengelolaan metode pengajaran,selanjuta penggerakan dalam pengelolaan kurikulum pendidikan,juga penggerakan dalam pengelolaan pasilitas pendidikan, serta penggerakan dalam pengelolaan anggaran pendidikan, dan juga penggerakan dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
d. Fungsi manajemen yang keempat adalah pengawasan. Fungsi tersebut dilakukan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan yakni: pengawasan dalam hal pengelolaan peserta didik,selnjutnya pengawasan dalam pengelolaan tenaga pendidik,kemudian pengawasan dalam pengelolaan tenaga kependidikan,ditambah pengawasan dalam pengelolaan metode pangajaran,serta pengawasan dalam pengelolaan kurikulum pendidikan, dan juga pengawasan dalam pengelolaan fasilitas pendidikan, yang terakhir pengawasan dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
Semua keterkaitan fungsional antara pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen didalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan akan menuju kepada tercapainya atau tidak tujuan yang sudah ditetapkan.
Pada saat proses pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen pendidikan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan berlangsung maka akan didapatkan faktor-faktor yang akan menunjang dan juga menghambat dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen itu sendidri, dalam kolponen-komponen pendidikan ini, bahkan dalam mencapai tujuan yang akan dicapai sesuai dengan harapan.
Itulah diantara komponen2 managemen pendidikan yang bisa diterapkan dalam lingkungan pendidikan agar supaya pendidikan itu bisa dihasilkan sesuai dengan yang ingin dicapai.
dapatkan produk berkwalitas
0 Response to "Komponen-komponen Pendidikan"
Posting Komentar