selamat membaca semoga bermanfaat

Komponen-komponen Pendidikan


Komponen-komponen mengenai Pendidikan
            Komponen-komponen pendidikan yang menjadi garapan sekolah /madrasah ialah:
    1) Peserta didik
    2) Tenaga Pendidik
    3) Tenaga Kependidikan
    4) Metode Pengajaran
    5)  Kurikulum Pendidikan
    6) Fasilitas Pendidikan
    7) Anggaran Pendidikan
    8) Evaluasi Pendidikan
                Hubungan  yang ada antara fungsi-fungsi manajemen pendidikan dengan komponen pendidikan adalah:
1. Perencanaan pendidikan adalah  ditujukan  untuk mempersiapkan seluruh  komponen pendidikan supaya dapat terlaksananya  proses belajar mengajar itu dengan  tepat,  di dalam pendidikan perencanaan  pendidikan  dilaksanaka dalam mencapai sasaran pendidikan sebagaimana yang diharapkan dan yang tercapai berdasarkan perencanaan yang matang maka hasilnyapun akan maksimal.
2. Pengorganisasian pendidikan dimaksudkan  untuk mengumpulkan  seluruh  potensi komponen pendidikan dalam suatu organisasi yang sinergis supaya  dapat menyelenggarakan pendidikan dengan sebagus-bagusnya.
3. Penggerakan pendidikan ialah pelaksanaan dari penyelenggaraan pendidikan yang sudah direncanakan  sebeumnya dan dilakukan  oleh organisasi penyelenggara pendidikan itu dengan melihat aturan-aturan  yang sudah ditetapkan dalam perencanaan dalam rangka meggapai  hasil pendidikan yang seoftimal mungkin.
4.Pengawasan pendidikan ditujukan  guna  menjaga agar penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan  cocok  dengan yang apa direncanakan dan semua komponen  pendidikan  itu digerakan  dengan cara sinergis dalam proses yang menuju kepada pencapain tujuan pendidikan  itu yang dituangkan  dalam sasarana-sasaran dapat menghasilkan output secara optimal seperti halnya  yang sudah diputuskan didalam perencanaan pendidikan.



   
 






            
            



   
 



Skema diatas menjelaskan  pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen didalam pengurusan  komponen-komponen pendidikan.
a. Fungsi manajemen yang pertama ialah perencanaan, Fungsi ini  dilakukan  dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan yakni: perencanaan dalam pengelolaan peserta didik, perencanaan dalam pengelolaan tenaga pendidik,maupun  perencanaan dalam pengelolaan tenaga kependidikan,dan perencaan dalam pengelolaan metode pengajaran,serta  perencanaan dalam pengelolaan kurikulum pendidikan,juga  perencanaan dalam pengelolaan fasilitas pendidikan,dan juga  perencanaan dalam pengelolaan anggaran pendidikan,  yang akhir perencanaan dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
b. Fungsi manajemen yang kedua ialah  pengaturan  fungsi tersebut dilakukan  dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan adalah : pengorganisasian dalam pengelolaan peserta didik,serta pengorganisasian dalam pengelolaan tenaga pendidik,  juga pengorganisasian dalam pengelolaan tenaga kependidikan,selain itu  pengorganisasian dalam pengelolaan metode pengajaran, dan juga  pengorganisasian dalam pengolahan kurikulum pendidikan,tidak ketinggalan  pengorganisasian dalam pengelolaan anggaran pendidikan, dan juga  pengorganisasian dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
c. Fungsi manajemen yang ketiga adalah penggerakan. Fungsi tersebut dilaksanakan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan yaitu: penggerakan dalam pengolahan peserta didik,kemudian  penggerakan dalam pengelolaan tenaga pendidik,serta penggerakan dalam pengelolaan tenaga kependidikan,ditambah  penggerakan dalam pengelolaan metode pengajaran,selanjuta  penggerakan dalam pengelolaan kurikulum pendidikan,juga  penggerakan dalam pengelolaan pasilitas pendidikan, serta penggerakan dalam pengelolaan anggaran pendidikan, dan juga penggerakan dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
d. Fungsi manajemen yang keempat adalah pengawasan. Fungsi tersebut dilakukan  dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan yakni: pengawasan dalam  hal pengelolaan peserta didik,selnjutnya  pengawasan dalam pengelolaan tenaga pendidik,kemudian  pengawasan dalam pengelolaan tenaga kependidikan,ditambah  pengawasan dalam pengelolaan metode pangajaran,serta  pengawasan dalam pengelolaan kurikulum pendidikan, dan juga pengawasan dalam pengelolaan fasilitas pendidikan, yang terakhir pengawasan dalam pengelolaan evaluasi pendidikan.
            Semua keterkaitan  fungsional antara pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen didalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan akan menuju kepada tercapainya atau tidak tujuan yang sudah  ditetapkan.
            Pada saat  proses pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen pendidikan dalam pengelolaan komponen-komponen pendidikan berlangsung maka akan didapatkan  faktor-faktor  yang akan menunjang dan juga menghambat dalam melakukan  fungsi-fungsi manajemen itu sendidri, dalam kolponen-komponen pendidikan ini, bahkan dalam mencapai tujuan yang akan  dicapai sesuai dengan harapan.
Itulah diantara komponen2 managemen pendidikan yang bisa diterapkan dalam lingkungan pendidikan agar supaya pendidikan itu bisa dihasilkan sesuai dengan yang ingin dicapai.


dapatkan produk berkwalitas




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen-komponen Pendidikan"

Posting Komentar

Lazada Malaysia